Langsung ke konten utama

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN I TEKNIK INFORMATIKA SEMESTER 1

Nama                 : ILHAMMULLAH
NIM                   : 21040039
Mata Kuliah     : Algoritma dan Pemrograman I
Dosen                : Ofah Musyarrofah, S.Kom M.TI
Kelas                 : R2 
Semester           : 1 (Satu)


PERTANYAAN

1. Sebutkan dua pendapat ahli dari pengertian algoritma dan logika

2. Apa itu pemograman, apa pendapat anda, dan berikan contoh aplikasi pemograman yang sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari

3. Berikan contoh dari algoritma dengan struktur pseudocode

4. Apa yang dimaksud dengan flowchart dan sebutkan serta jelaskan simbol flowchart beserta fungsi nya

5. Gambarkan sebuah flowchart dari proses penjualan barang

6. Buatlah sebuah program sederhana lengkap dengan syntacnya menggunakan program yang anda kuasai.

 

JAWABAN

1.    A. Pengertian Algoritma menurut beberapa Para Ahli :

Ø Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D. Algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

Ø David Bolton. Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

B.   Pengertian Logika menurut beberapa Para Ahli :

Ø Jan Hendrik Rapar, 1996. Pengertian logika adalah ajaran tentang berpikir yang secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.

Ø Ahmad Taufik Nasution, 2006. Logika merupakan ilmu dan kecakapan menalar, berpikir dengan tepat.

2.    A. Pengertian Pemrograman 

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti Matematika.

Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algotirma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi saat dijalankan (run time) atau memori yang digunakan.

 

B. Contoh aplikasi pemrograman dalam kehidupan sehari-hari adalah

1.    Whatsapp

2.    Instagram,

3.    YouTube

4.    Google, dll.

3.    Contoh Algoritma dengan struktur Pseudocode


4.    A. Pengertian flowchart

Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

 

B. Simbol flowchart

Pada dasarnya simbol-simbol dalam flowchart memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut adalah simbol-simbol yang sering digunakan dalam proses pembuatan flowchart.


5.    Contoh Flowchart Proses Penjualan Barang



6.    Program Menghitung Luas Persegi Panjang

      Syntac Menghitung Luas Persegi Panjang




Terima kasih 😃

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Citra Digital

Pengantar PCD  Pengertian Citra Digital  Citra digital merupakan fungsi intensitas cahaya f(x,y), dimana harga x dan y merupakan koordinat spasial dan nilai fungsi tersebut pada setiap titik (x,y) merupakan tingkat keabuan citra pada titik tersebut. Citra digital adalah citra f(x,y) dimana dilakukan diskritisasi koordinat spasial (sampling) dan diskritisasi tingkat keabuan (kuantisasi). Citra digital merupakan suatu matriks dimana indeks baris dan kolomnya menyatakan suatu titik pada citra tersebut dan elemen matriksnya (yang disebut sebagai elemen gambar / piksel / pixel / picture element / pels) menyatakan tingkat keabuan pada titik tersebut. Tiga Bidang Berkaitan dengan Proses Citra Hal yang dilakukan di PCD Perbaikan kualitas citra (Image Enhancement) Pemugaran citra (Image Restoration) Segmentasi citra (Image Segmentation) Rekonstruksi citra (Image Reconstruction) Penambahan efek citra (Image Stylization) Pemampatan citra (Image Compression) Analisis citra (Image Analysis) Peningk

Morfologi Citra

Apa yang bisa dilakukan oleh morfologi citra ? Operasi morfologi :  Fit dan Hit  Erosi (Erosion)  Dilasi (Dilation)  Operasi Gabungan (Compound Operations) Kegunaan Morfologi Remove Noise  Small Objects  Fill holes  Isolate Objects  Cara Kerja Morfologi Citra  Konversi citra ke dalam bentuk Grayscale  Lakukan binerisasi citra  Thresholding  Morfologi Dapat juga diterapkan pada citra grayscale Morfologi Citra Structuring Elements (SE) dapat terdiri dari sebarang ukuran sesuai dengan kebutuhan  Nilai dari elemen adalah 0 atau 1, namun dimungkinkan memiliki nilai yang lain (termasuk tidak ada nilainya)  Nilai kosong pada SE berarti bebas (don’t care) Aplikasi Menghitung Koin Kesulitan menghitung koin pada gambar di bawah disebabkan tergabungnya object koin  Solusi: Thresholding dan Erosi utk memisahkannya! Compound Operations Menggabungkan operasi Erosion dan Dilation kedalam level operasi yang lebih tinggi (more advanced)  Mencari garis tepi (outline)  Opening: mengisolasi objects dan me

Pengolahan Citra Berwarna

 Model Warna  Tujuan dari model warna adalah untuk memberikan fasilitas spesifikasi warna standard.  Esensinya, model warna lebih ke arah spesifikasi koordinat sistem dimana setiap warna direpresentasikan oleh suatu titik piksel Implementasi Model Warna Orientasi penggunaan model warna  Hardware  Model Warna Monitor  Printer  Aplikasi  Kreasi warna pengolahan gambar Kreasi pewarnaan animasi  Ekstraksi fitur Model Warna RGB Jika masing-masing RGB memiliki graylevel 8-bit, maka dikatakan memiliki kedalaman 24-bit  Total jumlah warna yang dihasilkan adalah 4 (2 8 ) 3=16.777.216 warna Model Warna RGB Model Warna CMY dan CMYK Cyan, Magenta, dan Yellow merupakan warna skunder atau alternatif dari warna primer, yaitu RGB  Merupakan hasil substraksi antara nilai graylevel tertinggi (L-1) dengan suatu nilai pada masing-masing sinyal warna Konversi RGB ke CMY Untuk menghasilkan nilai warna yang lebih baik, CMY diperbaiki dengan CMYK  CMYK ditujukan untuk menambahkan warna yang keempat, yaitu bla